Sabtu, Agustus 13, 2011

JENIS JENIS KOMPUTER

1. Komputer Analog







Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu,
penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.









     2. Komputer Digital 

Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.









     3. Komputer Hybrid 





Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

KOMPUTER BERDASARKAN PROCESSORNYA

Microcontroller



Microcontroller memiliki semua peralatan sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:



-Pemroses (processing) [baca: mengenal perangkat pemroses]
-Memori
-Input [baca: mengenal input device] dan output [baca: mengenal output device]
Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.



Microcomputer



Komputer ini khususnya digunakan untuk single-user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya.


Engineering Workstation





Komputer ini lebih powerfull apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.





Super Komputer



Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya.
Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.





Mainframe




Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.

Minicomputer

Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi lebih tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer.


Personal Computer atau PC adalah suatu perangkat komputer yang ditujukan untuk satu pengguna. Perangkatnya terdiri atas CPU, keyboard, monitor, dan mouse. Perangkat-perangkat tersebut dapat diringkas dalam satu meja, tidak terlalu banyak membutuhkan tempat. Komputer jenis ini paling banyak digunakan di berbagai tempat, seperti rumah, sekolah, kantor, dan sebagainya.

JENIS KOMPUTER BERDASARKAN BENTUK FISIKNYA


Tower

Tower biasanya ditaruh di samping atau di bawah meja karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini banyak memiliki ruang yang bisa dipakai untuk tempat memasang card tambahan, sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

Desktop




Desktop adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel. Periferal-periferal Desktop seperti tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Desktop merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.




Portable

Portable adalah ukuran komputer yang lebih kecil sehingga mudah dibawa dengan kemampuan yang sama atau lebih powerful. Yang termasuk dalam jenis portable computer adalah Notebook, Laptop, dan handheld computer. Keuntungan utama penggunaan portable computer adalah tidak harus digunakannya pada tempat yang sama sepanjang waktu, karena komputer jenis ini mudah dibawa kemana saja. Komputer Notebook/Laptop cukup muat untuk dimasukkan dalam tas dan dapat dijalankan dengan battery. Dapat juga dihubungkan dengan modem sehingga dapat mengakses LAN atau Internet, Handheld computer didesain untuk dapat diintegrasikan dengan sistem desktop, sehingga peralatan ini dapat dengan mudah mengambil data dan berkomunikasi lewat sambungan telpon.

Notebook




Notebook adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai “pengganti” tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.


Berbeda dengan komputer destop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati destop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Subnotebook

Ukuran subnotebook berada diantara notebook dan palmtop. Ukuran subnotebook ini bisa lebih kecil dari laptop karena pada komputer jenis ini ada sebagian perangkat yang tidak dipasang.

Palmtop

Palmtop adalah komputer yang bisa digenggam. Ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Komputer jenis ini juga sering disebut dengan handheld computer, Karena bisa digenggam tangan.

KOMPUTER BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

Special Purpose Computer




Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.


General Purpose Computer




Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.




KOMPUTER BERDASARKAN SKALA KEMAMPUANNYA


Berikut ini kategori komputer yang dilihat berdasarkan kemampuannya untuk memproses, baik dalam melayani user, pemrosesan aplikasi, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas dalam banyak hal sekaligus pada saat bersamaan.


Small Scale Computer




Komputer skala kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.


Medium Scale Computer




Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal .


Large Scale Computer




Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.


Segitu dulu ya penjelasan tentang jenis-jenis komputer. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa kasih komennya : }

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
  1. Panduan membuat Blog
  2. Cara setting blog di blogger
  3. Cara Custom Domain di Blogger / blogspot
  4. Cara Mengganti Template di blogspot
  5. Cara memposting artikel
  6. buat Read more pada template klasik
  7. Cara membuat Text Area
  8. Cara membuat menu dropDown
  9. cara Upload foto
  10. Cara membuat Link(1)
  11. Cara membuat Link(2)
  12. Cara membuat marquee (text berjalan)
  13. Cara membuat efek Refresh
  14. Kode HTML tampil pada postingan
  15. Masalah posting artikel
  16. Simbol Yahoo! Emoticons
  17. Simbol Blogger Emoticons
  18. Cara Pasang jam
  19. Cara membuat banner animasi
  20. Cara membuat buku tamu
  21. HTML Tutorial
  22. Free Download
  23. Foto animasi
  24. Cara pasang Statistik & Tracker
  25. Perlunya IE dan FireFox
  26. Cara pasang musik
  27. Logo & Button
  28. Membuat Menu D Tree (menu mirip pada windows explorer)
  29. HTML Tutorial(2)
  30. Membuat Read more pada template baru
  31. User Online status
  32. Cara membuat blogroll Alternatif
  33. Cara pasang gambar
  34. Cara membuat Icon YM
  35. cara pasang Video
  36. Daftar Mybloglog
  37. Membuat Navigasi dengan CSS
  38. Template baru VS template Klasik
  39. Membuat Penggalan Artikel
  40. Membuat Link Untuk Download
  41. Menu Dropdown dengan JavaScript
  42. Menu Dropdown dengan JavaScript (2)
  43. Cara Membuat Favicon
  44. Pasang Recent Comments
  45. Text Berjalan di Bar menu
  46. Rotating banner
  47. Cara membuat kategori (label)
  48. Read more versi baru
  49. Pasang Link di New Blogger Template
  50. Cara Pasang Feed di Blog
  51. Pasang Banner di Header Blog
  52. Membuat Banner Bertaburan
  53. Tips Menghilangkan Border Image
  54. Cara membuat Navigasi Dengan Css (2)
  55. Mengatur Perataan Posting Artikel
  56. Tips Mengganti Background Blog
  57. Pasang Image pada judul Artikel
  58. Membuat link satu halaman
  59. Photo profile berbingkai
  60. Photo profile berbingkai
  61. Gambar berbingkai
  62. Image dalam kode marquee
  63. Pasang kode tuker link
  64. Cara daftar search engine
  65. Cepat terindeks di google
  66. Pasang Kalender
  67. Hilangkan garis bawah Link
  68. Ubah Warna Link
  69. Pelacak IP Address
  70. Pasang Jadwal Sholat
  71. Mengubah lebar kolom template
  72. Daftar Google Sitemap
  73. Daftar Feedburner
  74. Pasang Snaps Shots
  75. membuat navbar
  76. pasang label cloud
  77. Membuat tulisan bergaya koran
  78. horizontal dropdown menu
  79. membuat marquee text dalam gambar
  80. Marquee dengan Javascript
  81. Siapa yang pasang link ke blog kita
  82. Kotak komentar dengan haloscan
  83. Cara membuat daftar isi blog
  84. Cara menghilangkan Subcribe to
  85. Tips menambah kolom pada template baru
  86. Setting Widget Mybloglog
  87. membuat kursor animasi
  88. Download Mini Icon
  89. Menyisipkan Mini icon pada label
  90. Lebih jauh mengenai Read more
  91. Cara menghilangkan navbar Blogger
  92. Cara membuat frame iklan
  93. Cara mengganti warna sidebar pada template minima
  94. menyisipkan Icon pada View Profile
  95. Baca feed melalui Google Reader
  96. Cara Upload data ke Google Page Creator
  97. Cara membuat ONLINE BOOKMARK
  98. mengenal perintah Iframe
  99. Cara menampilakan karakter khusus
  100. tutorial software HTML Color V.1.4
  101. Cara pasang search engine di blog
  102. Membuat sidebar ada di kiri dan kanan
  103. Tutorial software scott box shot maker
  104. Menambah emoticons di shoutbox
  105. Tips membuat multi kolom
  106. Cara membuat tabel di blog
  107. Horizontal tab menu j
  108. Horiontal tab menu 10
  109. POp up generator
  110. Backup blog secara Online
  111. Atasi error widget harus unik
  112. Backup data dalam widget
  113. Pasang fasilitas print
  114. Trik mudah membuat Read more
  115. Pasang google talk di blog
  116. Pasang feed dalam kode marquee
  117. Pasang yahoo messenger (2)
  118. Pasang google talk di blog (2)
  119. Hilangkan angka dalam label
  120. Tips Search Engine Optimization (SEO)
  121. Pasang Game di blog
  122. Free CSS menu tabs 6
  123. Setor muka via gravatar
  124. membuat gambar thumbnail
  125. Read more sejajar dengan posting
  126. Pasang tombol digg
  127. Drop down menu sama lebar
  128. Drop down menu dengan CSS
  129. membuat daftar isi (2)
  130. Pasang widget post terbaru dan komentar terbaru
  131. pasang yahoo emoticon (2)
  132. install assteg emoticon ke post editor
  133. membuat background posting berbeda-beda
  134. Pasang iklan google adsense di bawah posting
  135. Pasang iklan kliksaya.com di bawah read more
  136. cara membagi dua kolom header
  137. Install Emoticon More-smilies Cosa aranda ke Editor Posting
  138. Buat Tulisan bergaya web 2.0 secara Online
  139. Ziddu - free file hosting
  140. Tutorial navigasi : Dynamic-FX Slide-In menu
  141. Free Logo Maker
  142. Cara Membuat Favicon (2)
  143. Atasi error copy paste kode wordpress
  144. fitur-fitur baru dari Blogger.com
  145. Setting komentar di bawah posting
  146. Kotak Komentar di bawah Posting
  147. membuat efek Photo Blur
  148. Mengubah Lebar Arsip Dropdown
  149. Cara mengcopy gambar di layar monitor
  150. menyimpan widget di bawah header
  151. Cara membuat elemen Persis di bawah header
  152. Mengatur Tampilan Judul Sidebar
  153. Google Docs : pasang data excel di blog
  154. Mengatur tampilan judul posting
  155. Widget baru mybloglog
  156. fitur baru blogger
  157. Membuat warna link berkedip
  158. Cara Modifikasi Kotak Komentar
  159. Revisi: Cara Modifikasi Kotak Komentar
  160. Alternatif Warna Kotak Komentar
  161. Memilah Milah Komentar
  162. Zoom Efek Dengan Script Fancy Zoom
  163. Cara membuat Contact form / Kontak Kami
  164. Elemen Halaman Mempunyai Fungsi Scroll
  165. Tips Menghilangkan Pesan Pencarian Blogger
  166. Membuat Read more Plus Judul Artikel
  167. Membuat Sidebar Dalam Kotak-Kotak Terpisah
  168. Free Template : Magazine Template 2
  169. Tanya Jawab seputar Template magazine 2
  170. Menghilangkan Icon Obeng dan Tang / Quick edit Blogger
  171. Tanya Jawab Seputar Template Magazine 1
  172. Pasang Skrip Alert Di Blog
  173. Pasang Google Toolbar
  174. Free Icon Untuk Blog Dan Website
  175. Asyik Ngeblog Bersama Windows Live Writer
  176. Tanya Jawab Seputar Windows Live Writer (WLW)
  177. Buat Kolom Diatas Kolom Posting Pada Magazine template 2
  178. Buat Kolom Dibawah Header Pada Magazine Template 2
  179. Blog Pertama Kang Rohman
  180. Free html dan PHP Editor
  181. Apa sih Alexa Rank atau Peringkat Alexa Itu?
  182. Tutorial Pasang Widget Alexa di Blog
  183. Tips Meningkatkan Alexa Rank
  184. Apa Sih Situs Social Bookmarking Network Itu?
  185. Solusi Mengatasi Kotak Komentar Yang bermasalah
  186. Tutorial Membuat Horizontal Navigasi

FREEDOM PALESTINE

 

Follow Me

bLOGGER

Sitemeter

Statistik

Arsip Blog